Bhante Pannavaro - Khotbah Dhamma

      Khotbah Dhamma yang disampaikan oleh Bhante Pannavaro ini tentang akhir perayaan Khatina. Selama satu bulan penuh umat Buddha merayakan perayaan Khatina. Selama 3 bulan penuh para bikku melakukan Vassa. Beliau menceritakan tentang para bikku dahlu untuk mendapatkan jubahdari kain-kain yang terbuang, yang tidak terpakai termasuk kain penutup jenazah.

     Di antara hari-hari penting tersebut, peringatan hari kathina yang merupakan upacara khusus pemberian dana, bagi para umat kepada bhikkhu Sangha. Masa kathina berlangsung satu bulan setelah para bhikkhu menyelesaikan massa vassa selama tiga bulan. Dalam masa vassa tersebut para bhikkhu melaksanakan tekadnya untuk berdiam di suatu vihara, dan membabarkan Dhamma. Selama tiga bulan dalam massa vassa, para Bhikkhu tidak boleh pergi kemana-mana kecuali ada keperluan yang penting, itu pun dibatasi paling lama meninggalkan vihara tempat bervassa selama tujuh malam.
    Sejarah mencatat bahwa setelah meraih Pencerahan Agung, Sang Buddha melakukan perjalanan ke Taman Rusa Isipatana, di dekat Benares. Beliau membabarkan Dhamma yang dikenal dengan Dhammacakkapavatana Sutta kepada lima orang pertapa yang pernah menjadi sahabatNya. Kondana, Vappa, Bhaddiya, Mahanama, dan Assaji. Setelah menguraikan khotbah pertama, Sang Buddha tetap tinggal disana. Beliau bertemu dengan Yasa -- anak seorang pedagang kaya raya di Benares -- dan memberikan wejangan Dhamma kepadanya. Disamping itu, Sang Buddha juga membabarkan Dhamma kepada ayah Yasa dan empat sahabat Yasa. Mereka beserta para pengikutnya -- semuanya berjumlah lima puluh lima orang -- meninggalkan kehidupan berumah tangga, memasuki kehidupan tanpa rumah (menjadi Bhikkhu), dan mencapai tingkat kesucian Arahat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar